25.5 C
Kendari
Minggu, Desember 4, 2022

Ratusan Personel TNI AD Ikuti Ujian Samapta 

Kendari, Britakita.net

Ratusan personel Komando Resor Militer (Korem) 143/Halu Oleo mengikuti tes kesamaptaan Ujian Kenaikan Pangkat di lapangan Benu – benua, Selasa, 14 Juni 2022.

Kegiatan tes kesamaptaan jasmani (samapta) tersebut diikuti 374 personel yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama di jajaran Korem 143/Halu Oleo yang akan mengikuti usulan kenaikan pangkat periode Oktober 2022.

Kegiatan ini di awali dengan pengecekan personil dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal untuk mengukur tensi serta denyut nadi para peserta.

Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf. Dr. Mulyono, M.O.,AIFO.,CHt mengatakan, kesegaran jasmani harus dilaksanakan sesuai prosedur, yaitu dimulai dengan pengisian data dan tes tekanan darah peserta, hingga pelaksanaan kegiatan.

BACA JUGA :  Dugaan Korupsi Pameran Kebudayaan Dikbud Sultra, Seakan Menjadi Kasus Spesial di Kejati

“Untuk ujian Samapta, personil diwajibkan lari selama 12 menit dan tes kesegaran, kemudian dilanjutkan Pull Up, Sit Up, Push Up, lunges, dan serta Shuttle Run, dan diakhiri dengan tes berenang,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan personel TNI,  guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah tugas masing-masing.

BACA JUGA :  Peringati Maulid Nabi, Personel Polda Sultra Lakukan Bakti Sosial Bersihkan Masjid

“Seluruh personel datang kesini, kita uji termasuk yang dari batalyon maka jumlahnya kurang lebih 374 calon prajurit yang akan kita naikan pangkat,” tuturnya.

Sebelumnya, uji kompetensi tes kesegaran jasmani atau tes kesemaptaan jasmani, kunci utama prajurit bisa kerja dengan baik.

“Dari prajurit-prajurit yang kita tes, yang kita adakan uji kompetensi adalah semuanya dalam kondisi lulus dan sehat tidak ada satupun cedera atau terjadi eksiden di lapangan,” harapnya.

Laporan: Adh / Editor: Up

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!