23.8 C
Kendari
Sabtu, Desember 3, 2022

1.837 Mahasiswa UHO Resmi Diwisuda, Terbanyak Dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kendari, Britakita.net 

Sebanyak 1.837 mahasiswa dari 15 Fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana di Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti wisuda, Rabu 25 Mei 2022

Wisuda periode Januari – April 2022 merupakan prosesi wisuda untuk Program Doktor ke-31, Magister ke-60, Profesi Dokter ke-28, Provesi Apoteker ke-5, Sarjana ke-93 dan Pendidikan Vokasi ke-92.

Prosesi ini digelar secara hybrid atau kolaborasi antara wisuda secara daring (online) dan luring yang dipusatkan di Gedung Sport Center UHO.

Rektor UHO Kendari Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firuhi mengingatkan, agar para wisudawan, agar senantiasa mengenang jasa orang-orang atas pencapaian dan keberhasilan hingga saat ini.

Sehingga menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, dapat memelihara hubungan sesama manusia, dengan lingkungan hidup maupun dengan sang pencipta.

“Khususnya kepada kedua orang tua, demikian juga kepada guru-guru maupun dosen kita yang telah membekali dengan ilmu pengetahuan dan kearifan,” tegas Prof Zamrun dalam sambutannya, Rabu 25 Mei 2022.

Prof Zamrun juga menjelaskan, wisuda bukanlah akhir untuk belajar, namun sebaliknya ilmu yang sudah didapatkan di kampus diigunakan untuk kemaslahatan umat manusia.

BACA JUGA :  Dewan Sultra Minta Pemkab Konut Ambil Sikap Tegas Soal Banjir Lumpur di Desa Boenaga

Belajar itu adalah sebuah peristiwa mental, sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan antara stimulus dan respon tapi lebih dari itu.

“Bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan ketulusan hati untuk diniatkan membantu sesama,” papar Prof Zamrun.

Orang nomor satu di UHO tersebut berharap, semua wisudawan bisa sukses dalam kehidupan, untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dirinya juga berpesan agar para wisudawan mempersiapkan dan memantaskan diri dan Bekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai.

“Selalu kreatif, inovatif dan adaptif terhadap pembaruan dan mampu menyesuaikan diri dari berbagai tantangan dan keadaan yang kurang mendukung,” terang Prof Zamrun.

Berdasarkan data yang diterima BRITAKITA.NET, untuk jumlah mahasiswa yang diwisuda yakni untuk Program Pascasarjana (PPs) yang terdiri dari Program Doktor sebanyak 3 orang, Program Magister sebanyak 156 orang.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 356 orang sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 246 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 150 orang sarjana.

BACA JUGA :  Diduga Motif Balas Dendam, Dua Sekolah di Kendari Terlibat Tawuran

Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 127 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 86 orang sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 62 orang sarjana,

Fakultas Hukum (FH) sebanyak 76 orang sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) sebanyak 44 orang sarjana, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebanyak 103 orang sarjana,

Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 35 orang Sarjana, Profesi Dokter sebanyak 58 orang, Fakultas Peternakan (FPt) sebanyak 15 orang.

Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) sebanyak 31 orang sarjana, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebanyak 93 orang, Fakultas Farmasi (FF) sebanyak 56 orang sarjana.

Profesi Apoteker sebanyak 52 orang, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK) sebanyak 31 orang sarjana, Program Pendidikan Vokasi (PPV) sebanyak 61 orang Diploma.

Prosesi wisuda dihadiri Sekertaris dan Anggota Senat UHO, Wakil Rektor, Dekan Fakultas UHO, Kepala UPT, Kepala Program Studi, Kepala Labolatoriun UHO dan para Wisudawan dan Wisudawati beserta para keluarganya.

Laporan: Rizal Saputra

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Berita Terkini

error: Content is protected !!